KELUARGA QUR’ANI (2)

Karakteristik Keluarga Islami

Heritagejava.com Karakteristik Keluarga Islami ,dimana setiap kita tentu mendambakan hadirnya ‘Surga’ dalam rumah kita. Karena , dengan suasana surgawi ada di rumah, semua aktivitas kita akan selalu bernilai ibadah. Dan, ‘Baiti Jannati’, demikian Rasulullah SAW perna bersabda. Rumah-ku adalah surgaku, demikian arti yang sering kita baca. Tapi benarkah arti semua ini ? jika benar , maka apakah untuk mendapatkan surga kita harus memenuhhi rumah dengan kebutuhan fisik semata seperti tempat tidur dengan kasur Empuk dan mahal, lemari es yang besar ,perangkat elektronik dengan berbagi multifungsi, atau perabot rumah tangga yang siap pakai. Rasanya bukan itu yang membuat kita bahagia. Bukan hanya kebutuhan fisik. Tetapi penghuni dan suasananya yang membuat kita bisa betah dirumah laksana di Surga. Hadits diatas lebih tepat bila diartikan keluargaku adalah surgaku.

Bukan berarti apa yang kita miliki tidak berarti apa-apa, tidak larangan kaya dalam Islam. Tetapi alangkah indahnya dengan apa yang kita miliki bisa bermanfaat bagi orang lain terutama untuk kepentingan ibadah.

Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang terkait dengan semua aspek kehidupan mausia. Allah berfirman bahwa Al-Qur’an adalah hudanlinnas, petunjuk bagi manusia. Jika demikian, tentu Al-Qur’an berkait pula dengan konsep Keluarga Qur’ani. Sebagai bukti, di dalam Al-Qur’an terdapat  beberapa ayat Allah yang cukup masyhur membicarakan konsep keluarga Qur’ani, antara lain surat Ar-Rum ayat 21.

Dalam ayat tersebut, Allah menjelaskan bahwa suasana keluarga Qur’ani itu adalah suasana keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Dan suasana seperti itu hanya dapat diperoleh melalui konsep Qur’ani. Sehingga urgensi pembentukan keluarga  Qur’ani itu dari dulu hingga kini yakni dalam rangka tetrciptanya kebahgiaan yang hakiki dan Islami. Bukan skeedar kebahagiaan kaum materialis yang jauh dari konsep Al-Qur’an. Dengan berdasar karakteristik keluarga Islami.

This entry was posted in mutiara hikmah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>