KELUARGA QUR’ANI (3)

Katakteristik Keluarga Islami

Heritagejava.com Karakteristik Keluarga Islami bertujuan ntuk menghadirkan surga dalam keluarga, dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan beberapa karakteristik keluarga Islami yaitu :

Karakteristik Keluarga Islami Pertama, keluarga Islami adalah keluarga yang mampu memfungsikan diri menjadi ‘Masjid’ bagi penghuninya. Fungsi masjid adalah sebagai tempat beribadah pada Allah Ta’ala. Rumah tangga Islami otomatis harus menghadirkan suasana ibadah dalam setiap tingkah laku dan juga dalam setiap ruangannya. Bapak dan ibu berfungsi sebagai imam yang memandu anggota keluarga yang lain untuk selalu taqarrub ilallah. Suasana ibadah hidup dan tumbuh subur di dalamnya. Tak pernah kita dengar ’masjid’ menghadirkan lagu dangdut, rock, dan segala macam lagu yang sering melalaikan kita mengingat Allah. Apalagi adegan buka-bukaan yang banyak menghiasi televisi. Yang banyak terdengar adalah lantunan ayat Qur’an dan zikir. Inilah salah satu karakteristik Keluarga Islami.

Karakteristik Keluarga Islami Kedua ,keluarga islami adalah juga madrasah bagi keluarganya. Setiap anggota keluarga berlomba-lomba meningkatkan diri dengan menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu tersebut. Diantara mereka terdapat aktivitas saling menasehati dan saling memberi dukungan.

Karakteristik Keluarga Islami Ketiga, keluarga Islami merupakan ‘benteng’ yang melindungi anggotanya dari serbuan musuh-musuhnya, baik musuh berwujud manusia-manusia kafir maupun serangan yang berbentuk program-program dan pemikiran. Di era globalisasiini, dengan derasnya informasi yang masuk dan serbuan pemikiran serta budaya melanda umat Islam Siang dan Malam melalui media massa, media elektronik, internet hingga produk barang dan jasa. Dimana umat Islam sudah digempur habis-habisan tanpa menyadarinya. Dimana yang menjadi sasaran utamanya adalah rusaknya aqidah dan Imam. Hingga tak heran kini banyak muslim yang perilakunya tak berbeda dengan orang kafir. Dan anak-anak muda yang seharusnya menjadi penerus yang bisa diandalkan baik akhlaq maupun imamnya sudah mulai banyak yang lepas kendali. Alangkah indahnya hidup kita bila mengikuti

Heritagejava.com Karakteristik Keluarga Islami bertujuan ntuk menghadirkan surga dalam keluarga, dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan beberapa karakteristik keluarga Islami yaitu :

Karakteristik Keluarga Islami Pertama, Keluarga Islami adalah keluarga yang mampu memfungsikan diri menjadi ‘Masjid’ bagi penghuninya. Fungsi masjid adalah sebagai tempat beribadah pada Allah Ta’ala. Rumah tangga Islami otomatis harus menghadirkan suasana ibadah dalam setiap tingkah laku dan juga dalam setiap ruangannya. Bapak dan ibu berfungsi sebagai imam yang memandu anggota keluarga yang lain untuk selalu taqarrub ilallah. Suasana ibadah hidup dan tumbuh subur di dalamnya. Tak pernah kita dengar ’masjid’ menghadirkan lagu dangdut, rock, dan segala macam lagu yang sering melalaikan kita mengingat Allah. Apalagi adegan buka-bukaan yang banyak menghiasi televisi. Yang banyak terdengar adalah lantunan ayat Qur’an dan zikir. Inilah salah satu karakteristik Keluarga Islami.

Karakteristik Keluarga Islami Kedua ,keluarga islami adalah juga madrasah bagi keluarganya. Setiap anggota keluarga berlomba-lomba meningkatkan diri dengan menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu tersebut. Diantara mereka terdapat aktivitas saling menasehati dan saling memberi dukungan.

Karakteristik Keluarga Islami Ketiga, keluarga Islami merupakan ‘benteng’ yang melindungi anggotanya dari serbuan musuh-musuhnya, baik musuh berwujud manusia-manusia kafir maupun serangan yang berbentuk program-program dan pemikiran. Di era globalisasiini, dengan derasnya informasi yang masuk dan serbuan pemikiran serta budaya melanda umat Islam Siang dan Malam melalui media massa, media elektronik, internet hingga produk barang dan jasa. Dimana umat Islam sudah digempur habis-habisan tanpa menyadarinya. Dimana yang menjadi sasaran utamanya adalah rusaknya aqidah dan Imam. Hingga tak heran kini banyak muslim yang perilakunya tak berbeda dengan orang kafir. Dan anak-anak muda yang seharusnya menjadi penerus yang bisa diandalkan baik akhlaq maupun imamnya sudah mulai banyak yang lepas kendali. ALangkah indahnya kalau keluarga yang kita bisa bisa berdasarkan karakteristik Keluarga Islami .

 

This entry was posted in mutiara hikmah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>