KELUARGA QUR’ANI (4)

Karakteristik Keluarga ISlami

Heritagejava.com Karakteristik Keluarga Islami Keempat, keluarga Islami juga merupakan ‘rumah sakit’ yang merawat jasad dan ruh anggota keluarganya. Tak akan ada keinginan dari anggota keluarga yang pergi ke tempat hiburan atau mencari tempat lain sebagai tujuan untuk mengobati kekesalan hati, kekecewaan kalbu hingga frustasi akibat kegagalan. Semuanya merasa tenteram mendiami rumah Islami. Saat mereka sakit –Jasmani dan Ruhani , setiap anggota keluarga  langsung berfungsi sebagai dokter yang berusaha menyembuhkan .

Karakteristik Keluarga Islami Kelima, keluarga Islami  juga merupakan maskas lahirnya hizbullah (barisan Allah) yang akan membawa bendera Islam ke seluruh penjuru dunia. Allah Ta’ala memberi gambaran sebagai berikut : “ Dan orang-orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugerahkanlah pada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang  (hati) kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (Al-Furqan:74)

Kelima fungsi keluarga ini tak akan berjalan manakala manusia penghuni rumah tangga tersebut jauh dari Al Quran. Karena hanya Qur’anlah yang mampu mewarnai manusia dengan ‘warna terbaik’, Firman Allah Ta’ala, “Shibghah (celup-an) Allah, siapakah yang paling baik shibghah-nya selain Allah. Dan hanya padaNya kami beribadah.” (QS.Al-Baqarah:138).

Tak akan hadir masjid di tengah keluarga, manakala nilai-nilai yang hidup dalam hati mereka bukanlah nilai Qur’ani. Mustakhil berkembang suasana tarbiyah, tatkala kesibukan yang mereka geluti  sebatas aktivitas duniawi. Begitu juga, benteng Hizbullah hanyalah utopia semata selagi mereka mengundang musuh-musuh Islam masuk ke dalam rumahnya melalui teve dan media lainnya. Karena itu, mewujudkan keluarga imani, hakikatnya adalah berupaya menumbuhkan suasana qur’ani dalam rumah kita.

Inilah yang akan menjadi karakteristik Keluarga Qur’ani.

This entry was posted in mutiara hikmah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>