Penyakit ENDOMETRIOSIS Mengakibatkan Kemandulan Pada Wanita

Heritagejava.com Endometriosis berkaitan dengan selaput rahim, atau dikenal dngan nama ilmiah endometrium. jika anda punya potongan endometrium di bagian tubuh yang lain, berarti anda menderita endometriosis.

Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim.  Endometrium adalah lapisan yang terdapat pada rahim. Apabila seorang wanita tidak hamil, lapisan tersebut tumbuh dan kemudian meluruh setiap bulannya, hal ini disebut menstruasi. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim. Lapisan endometrium yang terdapat di luar rahim juga berespon terhadap siklus menstruasi, sama seperti lapisan endometrium di dalam rahim dimana pada menstruasi, lapisan endometrium akan meluruh dan berdarah, baik lapisan yang terdapat di dalam maupun luar rahim. Bagaimanapun juga lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak. Endometriosis sering ditemukan di indung telur, saluran tuba, daerah antara vagina dan rektum, dan di rongga panggul. Namun endometriosis dapat ditemukan di seluruh bagian tubuh seorang wanita, seperti di paru-paru yang dapat menyebabkan batuk darah dan sesak napas.

Sulit Didiagnosis

endometriosis sangat sulit didiagnosis. sebagian karena gejala-gejalanya yang beraneka ragam. sebagian lagi karena gejalanya mirip denan penyakit lain (pelvic imflammatory disease). cara terbaik untuk mendiagnosis adalah melaluui operasi kecil yang dikenal dengan laparoscopy (pengekeran). dengan memasukkan instrumen kecil (laparoscope) melalui pusar, ahli bedah dapat memeriksa organ panggul untuk menemukan bintik-bintik kehitaman atau kista coklat yang besar. selama operasi pasien dibius umum kurang lebih 15 menit.

Dalam beberapa kasus, endometriosis, mungkin tersamar oleh organ atau adhesi dan hanya terdeteksi pada tingkat yang lebih akut. penyidikan terbaru menunjukkan bahwa ukuran endometriosis bisa saja sangat kecil. jika endrometriosis tidak ditemukan melalui laparoscope , tetapi anda mmasih mengalami masalah jangan ragu-ragu untuk menjalani pemeriksaan yang kedua.

This entry was posted in kesehatan dan kecantikan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>