Penyakit ENDOMETRIOSIS dan Gejala-gejalanya

heritagejava.com Penyakit Endometriosis dan gejala-gejalanya dimana pada umumnya wanita dengan Penyakit endometriosis tidak memiliki gejala. Gejala pada umumnya terjadi ketika menstruasi dan bertambah hebat setiap tahunnya karena pembesaran daerah endometriosis. Gejala yang paling sering terjadi adalah nyeri panggul, dismenorea (nyeri ketika menstruasi), dispareunia (nyeri ketika senggama), dan infertilitas (gangguan kesuburan, tidak dapat memiliki anak). Nyeri yang terjadi tidak berkaitan dengan besarnya endometriosis.

Gejala-gejala  yang dialami oleh penderita Endometriosis sangat beragam, dimamna gejala yang dialami oleh satu penderita belum tentu sama dengan gejala yang dialami oleh penerita lain. hal ini disebabkan oleh letak endometriosis, bukan oleh ukurannya. berikut ini gejala-gejala yang mungkin dialami pemderita endometriosis yaitu :

1. Rasa sakit yang berlebihan pada saat mensturasi …………………………………94%

2. Rasa sakit saat ovulasi …………………………………………………………………………. 77 %

3. Pembengkakan abdomen …………………………………………………………………….. 77%

4. Kram beberapa hari sebelum mensturasi ……………………………………………. 67%

5. Depresi, lemah, malas, dan tidak bersemangat ……………………………………. 63%

6. Rasa sakit pada panggul ……………………………………………………………………… 57%

7. Rasa sakit ketika berhubungan intim ………………………………………………….. 48%

8. Rasa sakit pada pinggang ……………………………………………………………………. 42%

9. Mandul ……………………………………………………………………………………………….. 41%

10.Insomnia yang disebabkan oleh rasa sakit …………………………………………. 32%

11. Sakit ketika buang air kecil ……………………………………………………………….. 26%

 

1.      Nyeri panggul

Nyeri yang berkaitan dengan endometriosis adalah nyeri  yang dikatakan sebagai nyeri yang dalam, tumpul, atau tajam, dan biasanya nyeri bertambah ketika menstruasi. Pada umumnya nyeri terdapat di sentral (tengah) dan nyeri yang terjadi pada satu sisi berkaitan dengan lesi (luka atau gangguan) di indung telur atau dinding samping panggul. Dispareunia terjadi terutama pada periode premenstruasi dan menstruasi. Nyeri saat berkemih dan dyschezia dapat muncul apabila terdapat keterlibatan saluran kemih atau saluran cerna

2.      Dismenorea

Nyeri ketika menstruasi adalah keluhan paling umum pada endometriosis

3.      Infertilitas

Efek endometriosis pada fertilitas (kesuburan) terjadi karena terjadinya gangguan pada lingkungan rahim sehingga perlekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim menjadi terganggu. Pada endometriosis yang sudah parah, terjadi perlekatan pada rongga panggul, saluran tuba, atau indung telur yang dapat mengganggu transportasi embrio. sehingga mungkin perlu diperhatikan oleh kaum wanita yang memiliki gejala-gejala endometriosis seperti diatas.

 

This entry was posted in kesehatan dan kecantikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyakit ENDOMETRIOSIS dan Gejala-gejalanya

  1. budewi says:

    tanks for your submission

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>