Tanaman Obat BARUCINA untuk Mengatasi Penyakit Kanker

Heritagejava.com BARUCINA (Artemisia vulgaris L.)

Tanaman Barucina merupakan tanaman menahun, berambut halus, tegak, tinggi mencapai 1 m, berbau tajam, menyenangi tanah yang cukup lembab dan kaya humus, tumbuh liar di hutan dan ladang, jenis yang biasa ditanam dipekarangan sebagai tanaman obat; Artemisia argyi Levl. Et. Vant.

KLASIFIKASI: Barucina disebut Artemisia vulgaris L. yang termasuk ke dalam famili Compositae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jukut lokat mala, suket gajahan atau daun sudamala.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l:  Minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene, 1-quebrachitol.  Akar dan batang mengandung mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, ridentin.

EFEK FARMAKOLOGIS:  Tumbuhan ini bersifat: rasa dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, mengatur menstruasi. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat. Herba ini masuk meridian ginjal, paru dan limpa.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

  1. Badan lemas sehabis melahirkan   Pohon barucina 4 pohon, rebus dalam 6 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Diminum sehari 2 kali 1                gelas sebelum  makan.
  2. Lemah syahwat.   Biji barucina 15 – 45 gr digiling halus, makan.
  3. Ayan (epilepsi).   Segenggam akar artemisia tambah 1 ibu jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi dua gelas. Sehari 2 kali 1       gelas.
  4. Sakit tenggorokan.   Herba segar ditumbuk, peras, minum airnya.
  5. Disentri.  Barucina tambah jahe segar, direbus sampai kental, minum 3x.
  6. Menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada saat menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur.    Tanaman 10 – 30 gr,            rebus, minum.
  7. Mencegah keguguran, pergerakan janin berlebihan.   Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum
  8. Mempermudah persalinan, susah punya anak.   Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum.
  9. Muntah darah (haematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectal haemorrhagia)

PERHATIAN : Bagi yang tidak cocok, minum rebusan Artemisia argyi mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret, dan pusing. Gejala ini dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak daun Artemisia argyi.

Sumber: Dari berbagai sumber.

This entry was posted in encyclopedia tanaman herba and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>