Manfaat Daun Salam Dan Resep Pengobatan

heritagejava.com Daun Salam (Syzygium  polyanthum (Wight.)  Walp) dan Manfaatnya

Gambar daun Salam

Dari tanaman sejenis perdu ini yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya, karena daun tersebut merupakan salah satu bumbu penyedap dalam beragam masakan khas Indonesia, ternyata juga khasiatnya yang banyak.

Pohon Salam tumbuh rimbun dengan ketinggian bisa mencapai 25 m, berakar tunjang, batang berbentuk bulat dan permukaan kulit pohonnya licin. memiliki daun tunggal dengan letak berhadapan, panjang tangkainya 0,5-1 cm.

Daun salam bila diremas akan mengeluarkan bau harum. bunganya berwarna putih, baunya juga harum. sedangkan buahnya biasa disebut dengan nama buah buni,bentuknya bulat dengan diameter 8-9 mm.

Warnanya hijau ketika masih muda tetapi berangsur-angsur menjadi merah gelap saat matang. Rasa buah buni ini masam dan sepat, tetapi banyak yang memanfaatkann buah buni ini sebagai rujak.

DAUN BUMBU

Tumbuhan salam sengaja ditanam untuk diambil daunnya. daun inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dalam berbagai masakan khas Indonesia.

Selain daun yang biasa dimanfaatkan dari tanaman salam adalah kulit pohonnya. Kulit pohon ini diolah dan digunankan sebagai pewarna alami untuk mewarnai Jala atau anyaman bambu.

KLASIFIKASI: Salam disebut  Eugenia polyanthum Wight.  atau E. lucidula Miq.  termasuk ke dalam famili tumbuhan  Myrtaceae.   Tanaman ini dikenal dengan nama daerah  meselangan,  ubar serai, gowok, manting atau kastolam.

SIFAT KIMIAWI:   Tumbuhan ini  kaya dengan kandungan kimia,  yang sudah diketahui antara lain :Minyak atsiri (0,05 %) yang mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

EFEK FARMAKOLOGIS:   Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki  sifat;  Daun :  Rasa kelat, wangi.  Astringent.  Memperbaiki sirkulasi.

BAGIAN  TANAMAN  YANG  DIGUNAKAN:  Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, kulit batang, buah  dan akar.

UJI KLINIK/PRA KLINIK

1.  Uji pra klinik efek antidiare dari daunsalam telah dicobakan pada tikus dan menunjukkan bahwa efek anti diarenya tidak jauh berbeda   dengan loperamid. (P.10)

2.  Uji pra klinik efek anti hipertensi diperlihatkan dengan adanya penurunan tekanan darah arteri tikus jantan yang dibuat hipertensi,   namun dengan pola penurunan yang berbeda dengan verapamil.(P.10)

3.  Uji pra klinik efek hipoglikemia ditunjukkan dengan penurunan kadar gula tikus yang setara dengan tolbutamid.(P.10).

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1.  Diare.   Daun  15 g dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit.  Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin    disaring, minum sekaligus.    Atau kulit batang dipotong-potong diseduh dan diminum sebagai teh.

2.    Kencing manis.  Daun  7 lembar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring,   dibagi untuk 2 kali minum.

3.    Sakit maag.    Daun  15 – 20  lembar dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan  gula merah   secukupnya.    Minum sebagai teh setiap hari,  sampai rasa penuh dan  perih di lambung menghilang.

4.    Mabuk akibat alkohol.

Satu genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus.  Peras dan  saring lalu diminum.

5.    Kudis, gatal.   Daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan  seperti bubur.     Balurkan  ketempat yang sakit

Khasiat dan manfaat daun salam dan resep masakan yang menggunakan daun salam

This entry was posted in encyclopedia tanaman herba and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Manfaat Daun Salam Dan Resep Pengobatan

  1. budewi says:

    yang mau diteliti tentang apa saja. apakah mulai dari cara penanamannya sampai dalam bentuk makanan olahan yang memanfaatkan daun salam.
    kalau. coba deskripsikan siapa tahu saya bisa bantu banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>