keutamaan wanita shalihah

Wanita shalihah dengan keutamaannya, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bersabda: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR.Muslim). seorang ahli hikmah berkata, “Wanita adalah tiang Negara, bila wanita itu baik, maka akan baiklah Negara itu, tetapi bila ia rusak, maka rusak pulalah negara itu”.

Dalam sabda yang lain Rasulullah SAW menyebut seorang wanita shalihah adalah sebaik-baiknya simpanan. Dari Ibnu Abbas ra berkata, berkata Rasulullah kepada Umar ra:” Tidaklah kamu ingin aku beri tahu tentang sebaik-baiknya simpanan seseorang ? Ia adalah seorang wanita shalihah yang apabila suaminya mendatanginya, ia menyenangkan. Apabila diperintah ia taat, dan apabila suaminya tida ada, ia menjaga kehormatannya. (HR. Abu Daud)

Lebih dari itu Allah juga menyebutkan wanita shalihah dalam salah satu firman-Nya: “Maka wanita shalihah adalah wanita yang taat beribadah kepada Allah dan taat kepada suaminya sebagaimana Allah telah menjaga dirinya.”(QS.An Nisa:34).

Jika memang demikian, betapa agungnya nilai seorang wanita shalihah disisi Allah, betapa mulianya dia dan betapa tinggi kedudukannya. Sungguh berbahagialah seorang wanita yang telah meraih predikat shalihah, karena Allah telah menjanjikan kepadanya pahala yang besar, surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dan keridhoan Allah kepadanya.

Secara lahiriyah, kedudukan wanita shalihah yang selalu menjaga kesuciannya dengan busana yang rapi, menutup aurat, selalu menjaga pandangan, menjaga akhlak dan adab, menjadi unsure utama yang menjadikan ia lebih mulia diatas wanita lainnya. Lebih dari itu, orang-orang yang mencintai mereka juga orang-orang yang baik, orang-orang yang telah Allah anugerahkan kepada mereka keimanan yang benar. Karena seorang lelaki sholeh, tidak akan,  mencintai kecuali wanita shalihah.

This entry was posted in kolom nisaa' and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>