BELAJAR DARI BURUNG PINTAR (1)

heritagejava.com Belajar dari Burung Pintar percikan hikmah dari Syaqiiq al Balkhy, seorang sufi pergi berdagang mencari rezeki. Sebelum berangkat ia pamit kepada Ibrahim bin Adham, sahabatnya. Syaqiiq al Balkhy memperkirakan ekspedisi dagangnya kali ini akan memakan waktu cukup lama.

Tak dinyana, baru berselang beberapa hari semenjak kepergiaannya, Syaqiiq al Balkhy telah pulang kembali ke rumahnya. Ibrahim yang heran dengan kedatangan sahabatnya lantas bertanya, “Apa yang menyebabkankanmu pulang begitu cepat ? “

Syaqiiq al Balkhy menceritakan pengalaman yang dialaminya di perjalanan, “Aku melihat suatu keajaiban dalam perjalananku, maka aku pulang”. “Apa yang kau lihat ?” Tanya Ibrahim. “Kala itu aku duduk di sebuah tempat yang sunyi untuk beristirahat. Ditempat itu aku mendapatkan seekor burung yang pincang dan buta matanya. Hatiku tersentuh heran dan berkata, bagaimana burung itu bisa hidup di tempat yang terisoir seperti ini, sementara ia tidak bisa melihat dan bergerak sama sekali ? tak lama kemudian datanglah seekor burung lain memberikan makanan hingga berkali-kali dalam sehari, sampai dirasa cukup. Akupun berkata dalam hati, sesungguhnya Dzat yag memberi rezeki kepada burung itu sangat mampu unutk memberikannya kepadaku. Saat itu pula aku pulang.

Mendengar serita Syaqiiq al Balkhy, Ibrahimpun menasehati sahabatnya tersebut, “Kamu ini sungguh lucu, wahai Syaqiiq . Relakah kamu menjadikan dirimu sebagai burung yang pincang dan buta , yang hidupnya bergantung pada orang lain ? mengapa kamu tidak ingin menjadi brung kedua, yang berusaha mencukupi kebutuhannya sendiri dan orang lain yang tidak mampu berusaha seperti orang buta dan penyandang cacat lain ? Tidakkah kamu tahu, bahwa tangan yang diatas lebih baik daripada tangan yang dibawah ?”.

Syaqiiq al Balkhy sadar…. Ia bangkit dan mencium tangan sahabatnya sembari berkata, “ Engkaulah guruku, wahai abu Ishaq”.

This entry was posted in mutiara hikmah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>